“Enggak asyik kalau enggak Touring.”

Ini mungkin kalimat yang selalu menjadi siasat untuk mencari waktu bersama untuk berkumpul dan memacu tunggangannya. Ya mobil Ford EcoSport tentunya.
Dan bagi ForESCom (Ford EcoSport Community) Indonesia tahun 2017 ini adalah tahun jelajah nusantara. Pengurus Pusat ForESCom Indonesia sudah ketuk palu, sepakat untuk menaikkan tema : Amazing Discovery of Indonesia. Kalau bukan kita yang mencintai dan menaikkan pariwisata Indonesia serta menggalakkan sadar wisata, siapa lagi? Dan semoga gerakan kecil ini mampu menaikkan pariwisata Indonesia dan memajukkan kegiatan ekonomi kreatif.

Dimulai dari Bumi Borneo. Kawan-kawan ForESCom Chapter Kalimantan Selatan (Kalsel) pada tanggal 29 Januari 2017 bergerak menuju Pantai Asmara (Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan). Pada tanggal yang sama ForESCom Chapter Kalimantan Timur (Kaltim) menuju Kota Tenggarong.

Citra Bellina dari Chapter Kalimantan Selatan menyampaikan alasan mengapa mereka memilih Touring ke Pantai Asmara : “Kami memilih Pantai Asmara karena pantai ini baru di resmikan dan lagi ngehits banget di Kalsel. Member ForESCom Chapter Kalsel memang belum sebanyak chapter-chapter lain, tapi jumlah member tak menghalangi kami untuk tetap touring. Dan yang paling utama dalam touring kali ini adalah silaturahmi, kerja sama antar member dan tawa bahagia anak-anak kami. Mudah-mudahan touring berikutnya anggota member Chapter Kalsel akan bertambah….. Ayooo owner Ford EcoSport wilayah Kalsel yang lainnya, daftar jadi member ForESCom yuuukkk…..”

 

Slamet Wahyudi dari Chapter Kaltim bercerita kepada kita tentang kegiatan Chapter Kaltim kali ini : “Touring kali ini mengambil tempat di kota Tenggarong, Kutai Kertanegara, menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 4 Jam dari kota Balikpapan dan Bontang. Melalui jalan meliuk-liuk, menanjak khas Kalimantan Timur, namun tidak menyurutkan semangat rekan-rekan dari Balikpapan, Samarinda dan Bontang untuk bisa bertemu dan jalan bersama. Exhausted? Yes, but the fun also overwhelmed.”

Touring selanjutnya dilakukan di bulan Februari. Diprakarsai oleh Chapter Bekasi Karawang. Iringan mobil Ford EcoSport gagah menuju Darajat Pass, Garut. Kegiatan touring ForESCcom Chapter Bekasi Karawang ini dilakukan tanggal  11-12 Februari 2017. Tak hanya itu, mereka juga melakukan Bakti Sosial dengan memberi sumbangan ke Masjid dan Pesantren Al Ghoniyyu. Dr. Irvan Ose (ketua chapter bekasi karawang) mengisahkan perjalanan turing yang di ikuti oleh 17 mobil Ford Ecosport milik member Forescom chapter Bekasi Karawang. “Awalnya kami sempat ragu dan berfikir apakah Ford Ecosport akan mampu melibas tanjakan dan jalanan yang sempit menuju lokasi wisata Darajat Pass? Keraguan tersebut langsung sirna ketika kami mulai melakukan perjalanan dan terbukti bahwa Ford Ecosport mampu melewati tanjakan dan kondisi jalan yang sempit”

Berikutnya, touring lebih jauh lagi dilakukan oleh kawan-kawan member ForESCom dari Chapter Bogor. 24 mobil Ford EcoSport berjalan menuju Batur Raden pada tanggal 18 – 19 April 2017. Ikut bergabung juga 2 member dari Chapter Tangerang yaitu Dahana dan Jerry Val. Total keluarga besar ForESCom yang ikut serta sekitar 90 orang.
Perjalanan ini dimanfaatkan oleh Chapter Bogor sebagai pemanasan persiapan menuju acara Jambore Nasional ForESCom Kedua yang akan diadakan di Yogyakarta dan Magelang pada tanggal 20-24 April 2017. Perjalanan ini memakan jarak tempuh 360 Km. Lebih dari setengah perjalanan menuju Yogyakarta (jarak tempuh Cawang- Yogyakarta adalah 516 Km).

Pelajaran berharga yang didapat kali ini adalah sistem tata kelola touring yang baik. Setiap peserta tentunya diwajibkan mempunyai alat komunikasi HT lalu dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing dipimpin oleh Group Leader dan dijaga oleh masing-masing Officer. Sementara pembuka jalan di depan dipimpin oleh Road Captain (Edi Sembiring) dan pengawal barisan di belakang dipimpin oleh Sweeper (Dudi Darmadi). Dengan adanya kelompok kecil ini, iringan tak menemukan kesulitan yang berarti dan tak membuat lalu lintas sekitarnya menjadi macet. Terima kasih buat Rizky yang dengan sabar mengajari tiap member untuk tetap mematuhi SOP yang telah diberikan.
Hal ini perlu dirasa untuk diuji coba dan dipelajari karena direncanakan Chapter Bogor akan mengirimkan 40 mobil Ford EcoSport menuju Jambore Kedua di Yogyakarta dan Magelang. Target panitia Jambore, acara ini akan diikuti oleh 200 member ForESCom dari seluruh Indonesia. Tentu bagi Chapter Bogor dirasa perlu dicari cara yang tepat agar iringan ini tak akan mendapat kendala di jalan dan sampai tepat waktu dengan selamat.

Batur Raden yang sejuk menyambut nafas-nafas bahagia. Grand Kanaya Hotel memeluk rapat dan malamnya udara dingin lamat-lamat cemburu di luar ruangan saat aura kebahagiaan hangat terhantar di malam keakraban. Rata-rata semua anggota suka bernyanyi, terbukti hingga jam 23.00 ruangan ini tak pernah sepi. Sajian Sroto dan kambing guling menjadi santapan penyemangat mereka. Lingga dan Faway telah mempersiapkan acara malam ini dengan baik.

Selepasnya rapat kecil untuk evaluasi perjalanan dan persiapan untuk Jambore nantinya. Juga persiapan wisata esoknya baik menuju Lokawisata Baturraden, makan siang di Pringsewu, mencari oleh-oleh getuk di Sokoharjo, hingga rencana perjalanan pulang sambil mampir membeli telur asin di Brebes.
Touring bukan milik member saja, tapi sudah milik keluarga besar ForESCom. Setiap kali touring pasti diikuti oleh anak-anak dan anggota keluarga. Bahkan ibu-ibu juga mengadakan kegiatan arisan dan tukar kado. Kekompakkannya jangan ditanya, komunitas sudah membuat ini menjadi keluarga besar yang kompak dan guyub.

Tapi touring belum berhenti, masih ada lagi touring-touring lainnya. Minggu depan Chapter Tangerang dan Chapter Jakarta akan melakukannya.
Chapter Tangerang mengajak untuk Jelajah Tanah Jawara Banten Lama dan Carita. Kegiatan ini diadakan tanggal 25-26 Februari 2017, mereka akan menuju Coconut Island. Bagaimana keindahan pantainya? Deva dan George mungkin akan bercerita sepulang dari sana, mulai dari cerita tentang lezat dan murahnya kuliner di Rumah Makan Bu Entin di Labuan dan pastinya tak lepas dari keinginan mencicipi durian jatohan di Pandeglang.

Tak mau ketinggalan, Chapter dengan member terbanyak akan melakukan touring menuju Cirebon dan Kuningan. Ya, Chapter Jakarta. Kegiatan ini diadakan tanggal 25-26 Februari 2017. Titik kumpulmua adalah di Rest Area KM 39 tol Cikampek. Acaranya mengunjungi Keraton Kasepuhan, makan siang di Rumah Makan Kelapa Manis, menuju Wisata Ikan Keramat di Kuningan. Tak hanya itu, tempat menarik lainnya antara lain Taman Ade Irma (Waterland, Resto di pinggir pantai), berburu batik di Pasar Batik Trusmi hingga yang selalu ngangeni kalau ke Cirebon yaitu Empal Gentong.

Dudi Darmadi selaku Ketua Umum ForESCom Indonesia menyampaikan apresiasinya : “Touring adalah perjalanan dan moment kebersamaan yang sungguh sangat luar biasa yang dirasakan oleh para peserta. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian menuju Jambore ke 2 ForESCom Indonesia. Touring telah dilakukan oleh beberapa chapter antara lain Chapter Kalsel, Kaltim dan Bekasi. Lalu Bogor dan selanjutnya Tangerang dan Jakarta. Menyusul Chapter-chapter lainnya. Terima kasih kepada panitia touring yang telah menyelengarakan kegiatan-kegiatan ini, serta kepada pihak Castrol Oil yang turut memberikan dukungan. ForESCom Maju Terus…. Terus Maju !”
Akhir kata semoga semua kita tetap diberikan kesehatan dan kekuatan, hingga pada saatnya nanti kita bisa berjalan menuju Yogyakarta, dapat berkumpul untuk mensukseskan Jambore Nasional ForESCom Kedua. Dari seluruh Indonesia akan berkumpul dalam keluarga besar ForESCom Indonesia.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa merestui niatan dan langkah kita. Amin.

(Edi Sembiring – ForESCom #139)